ORGANISASI
Menurut
ensiklopedia digital yaitu Wikipedia menyimpulkan bahwa definisi dari Organisasi (Berasal dari
bahasa Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan
bersama.
Terdapat beberapa teori dan perspektif
mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang
berbeda.Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana
orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana,
terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin,metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain
sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.
Disini akan saya tuliskan,beberapa Pengertian organisasi
menurut para ahli yang saya dapat dari Wikipedia.
·
Stoner mengatakan bahwa
organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di
bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
·
James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
·
Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah
merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih.
·
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah
kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan
sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang
relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok
tujuan
Menurut saya sendiri , Organisasi bisa disebut pula sebagai
himpunan. Kumpulan masyarakat atau orang yang terdefinisi dengan jelas. Setiap
organisasi tentu memiliki tujuan. Sebagai manusia (makhluk social) tentu kita
memiliki, tujuan, hobi, aktifitas yang sama dengan orang lain dan saling
membutuhkan. Maka dari itulah dapat didirikan organisasi agar dapat mencapai
tujuannya bersama.
Menurut saya sendiri organisasi adalah hal yang penting
,kita dapat bekerja sama,saling bertukar pikiran,memecahkan masalah
bersama-sama, banyak hal positif dari berorganisasi. Tentunya dengan membentuk
organisasi yang bertujuan positif.
Teori Organisasi
Menurut saya pribadi , teori organisasi adalah ilmu
pengetahuan yang mempelajari tentang fungsi,bentuk, visi, dan misi suatu
organisasi. Salah satunya adalah mempelajari tentang kerja sama antara satu
orang dengan yang lain atau antara ketua dengan anggota dalam sebuah
organisasi.Selain itu dipelajari pula struktur organisasi dalam kelompok
tersebut.
Diatas saya tuliskan pengertian organisasi menurut Wikipedia,
bahwa organisasi adalah sekelompok orang yang bertujuan sama. Menurut saya ,
kelompok dan organisasi bisa dibilang berbeda,tetapi kelompok adalah bagian
dari organisasi. Akan saya perjelas menurut pendapat saya ;
Organisasi ialah sekumpulan orang2 yang memiliki tujuan
sama terikat dalam suatu ikatan (yang disebut organisasi) yang terarah dan terpimpin, sedangkan
Kelompok ialah sekumpulan objek, bisa berupa
orang,benda,ataupun hewan yang bergolongan atau bersifat sama yang dapat
digabungkan.
Selanjutnya disini saya akan membahas sedikit tentang Organisasi Perusahaan menurut saya.
Selanjutnya disini saya akan membahas sedikit tentang Organisasi Perusahaan menurut saya.
ORGANISASI PERUSAHAAN
Sebuah perusahaan dapat berdiri karna adanya organisasi (sekelompok orang yang bertujuan sama dalam satu wadah) perusaahan dalam bidang jasa,industri maupun produksi bertujuan sama yaitu membentuk organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Agar usaha atau perusahaan dapat berjalan dengan lancar, maka perlu di organisasikan. Organisasi dalam perusahaan bertujuan agar usaha tersebut dapat terarah dan sukses pada tujuannya, maka dari itu masing-masing individunya memiliki fungsi atau peran yang berbeda. Menurut saya dapat juga dikatakan bahwa organisasi ini adalah proses perencanaan untuk mencapai kesuksesan suatu perusahaan tersebut.
TUJUAN MEMPELAJARI ORGANISASI
Mengapa kita perlu mempelajari organisasi ? Saya nerpendapat bahwa mempelajari Organisasi dapat meningkatkan kerja
sama dan sikap solidartias antar sesama individu dalam sebuah organisasi. Dalam
beroganisasi kita harus memiliki sikap dan perilaku yang baik. Agar kita dapat menciptakan
suasan harmonis bagi setiap individu dalam sebuah organisasi serta dapat
memahami pengertian dari organisasi.Serta menyatukan
tujuan atau kesamaan yang ada dalam diri kita. Sebagai contoh kecil, dalam satu organisasi terdapat lebih dari 2 orang/anggota,masing masing individu memiliki pendapat dan pemikiran yang berbeda. Disinilah kita dapat belajar menghargai, menerima keputusan orang lain.
PENGALAMAN BERORGANISASI
Pengalaman saya dalam berorganisasi adalah ikut dalam
karang taruna di lingkungan tempat saya tinggal. Saya juga banyak mengikuti
komunitas-komunitas yang berhubungan dengan hobi dan kesukaan saya. Menurut
saya organisasi dengan komunitas memiliki kesamaan ,keduanya sama-sama
bertujuan mengumpulkan orang-orang yang yang memiliki tujuan.Hanya saja menurut
saya organisasi terdengar lebih resmi dan komunitas umumnya lebih bebas. Sebagai
contoh, Organisasi karang taruna yang saya ikuti bertujuan untuk mensukseskan
sebuah kegiatan/acara. Sedangkan Komunitas juga memiliki tujuan untuk
mensukseskan kegiatan/acara. Komunitas dan Organisasi sama sama wadah untuk
bersosialisasi, mengembangkan diri dan menambah teman,pengalaman, dan pelajaran. Disini saya akan memperkenalkan pengalaman saya dalam komunitas.
Reference- Yang pertama ada Griffon's Army adalah kumpulan para pecinta dari produk aparel seperti Macbeth . Disini saya selaku pengurus bagian event dan akomodasi. Saya termasuk regional Bekasi.
- Yang Kedua ada VANSHEAD INDONESIA adalah kumpulan para pecinta dari Vans, di Vanshead ini saya juga termasuk regional bekasi.
Banyak tujuan positif dari komunitas tersebut, wadah silahturahi, bisa saling sharing tukar pengalaman, membicarakan sesuatu yang baru dari produk tersebut, mengetahui cara merawat barang dari produk tersebut ,semisal sepatu,memperluas .Serta dapat membuat forum jual beli. Inilah pengalaman-pengalaman saya :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar